tulisan softkill simpan pinjam koperasi menumbuhkan perekonomian rakyat miskin

nama:haris ismunandar                             kls :2eb26
npm 23211231  
 Koperasi simpan pinjam atau yang akrab disebut masyarakat  sebagai "Bank Keliling", menumbuhkan pelaku usaha kecil dengan penyaluran pinjaman modal guna meningkatkan usaha mereka.
"Kami sangat terbantu dengan penguatan modal yang disalurkan bank keliling itu,menurut orang di skleliling saya.Menurut mereka, sudah puluhan tahun menggunakan jasa pinjaman bank keliling hingga kini masih bertahan.
      Bahkan kata mereka , pinjaman sekarang mencapai Rp500 ribu dengan pengembalian Rp10.000 selama 60 hari.Namun, pengembalian tersebut tidak dipaksakan jika tak mendapatkan keuntungan berjualan bisa diliburkan.Proses pinjaman modal dari bank keliling begitu mudah pencairannya dan langsung tunai dengan menyertakan surat foto kopi kartu tanda penduduk (KTP).
Pinjaman modal itu sangat membantu bagi pelaku usaha kecil," katanya.
      Salah seorang nasabah bank keliling, Enah mengaku bahwa dirinya hingga kini usahanya tetap berjalan setelah mendapat kucuran modal.Pinjaman bank keliling tidak berbelit-belit dibandingkan lembaga perbankan.pemilik  usaha kecil jika hendak mengambil pinjaman modal ke bank konvensional relatif sulit juga menyertakan surat-surat penting sebagai jaminan.
Selama ini pedagang kecil sangat dirasakan manfaatnya pinjaman bank keliling, karena mereka tidak menggunakan bunga yang berlipat ganda," katanya.
 Mereka menerapkan sistem jasa sebesar 20 persen dari nilai total pinjaman tersebut.
      Penerapan jasa bank keliling memiliki izin koperasi simpan pinjam, seperti tertera pada kartu angsuran harian.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "tulisan softkill simpan pinjam koperasi menumbuhkan perekonomian rakyat miskin"

Post a Comment